Rabu, 01 Maret 2017

Cara Menurunkan Kolesterol

Cara Menurunkan Kolesterol


Kolesterol di dalam tubuh manusia terdiri dari dua jenis yaitu kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). HDL atau kolesterol baik memiliki peranan yang penting bagi tubuh untuk membantu menyerap asam lemak esensial dan menghasilkan hormon seks. Sementara itu kolesterol jahat wajib untuk dihindari karena LDL dapat menyebabkan penimbunan lemak pada pembuluh darah yang dapat memicu terjadinya serangan jantung.

Cara Mengatasi Kolesterol Tingkat kolesterol di dalam tubuh dapat meningkat seiring dengan makanan yang dikonsumsi oleh tubuh.

Oleh sebab itu, salah satu cara yang dilakukan untuk mengatasi kolesterol tinggi di dalam tubuh adalah dengan membatasi asupan makanan yang mengandung banyak kolesterol, khususnya kolesterol jahat. Selain itu dianjurkan untuk banyak mengkonsumsi makanan – makanan yang mampu membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.
Cara Menurunkan Kolesterol




Cara Mengurangi Kolesterol Untuk menurunkan atau mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh, seseorang harus mengurangi asupan kolesterol yang masuk. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengkonsumsi makanan – makanan yang rendah kolesterol. Bagi yang mengalami kolesterol tinggi, Anda dapat mengganti menu sarapan pagi Anda dengan mengkonsumsi havermurt. Konsumsi telur juga diperbolehkan tetapi tidak boleh mengkonsumsi bagian kuning telurnya.

Jika terbiasa minum susu, minumlah susu rendah lemak karena susu tersebut juga rendah kolesterol. Jika Anda selama ini terbiasa masak dengan minyak goreng, gantilah minyak goreng kelapa sawit di dapur dengan minyak zaitun. Atau ubah cara masak yang tadinya digoreng menjadi direbus. Selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, Anda juga wajib mengimbanginya dengan olahraga teratur. Jadi dengan menerapkan pola hidup sehat, Anda sudah mampu mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh

Makanan Pantangan Kolesterol Seperti yang telah disebutkan di atas, penderita kolesterol tinggi diwajibkan untuk menghindari makanan yang mengandung banyak lemak dan kolesterol tinggi.

Makanan – makanan tersebut antara lain adalah gorengan, gajih sapi, daging sapi berlemak, gajih kambing, kulit ayam, keju, sosis, susu berlemak, telur puyuh, otak sapi, dan makanan laut seperti udang, cumi, kepiting, dan kerang. Jeroan dan coklat juga sebaiknya juga dihindari. Selain itu batasi pula konsumsi makanan bersantan karena santan mengandung kolesterol yang tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar